Apa Sebenarnya Pengertian Asuransi Jiwa itu?

Asuransi merupakan salah satu bentuk kegiatan investasi masa depan yang sedang populer beberapa tahun belakangan ini. Sudah banyak perusahaan asuransi yang mempromosikan program-program asuransinya melalui media massa atau melalui seminar-seminar di banyak tempat di Indonesia. Berbagai jenis asuransi pun banyak ditawarkan seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi aset kekayaan, dan masih banyak lagi. Dari banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransu yang ada, asuransi jiwa merupakan salah satu yang paling populer. Bahkan bisa dikatakan, hampir semua perusahaan asuransi memiliki jenis asuransi ini. Lalu, apa sebenanya pengertian asuransi jiwa itu?


Asuransi jiwa adalah salah satu bentuk asuransi yang memiki tujuan untuk menanggung kerugian finansial seseorang akibat kejadian tidak terduga yang disebabkan oleh hidup yang terlalu lama atau meninggal yang terlalu cepat. Inti dari asuransi jiwa ini adalah pemberian nominal uang sesuai perjanjian apabila seseorang meninggal. Nominal ini sebenarnya merupakan uang dari kosumen sendiri yang dibayarkan saat membayar dana asuransi setiap bulannya. Besarnya nominal tergantung pada lamanya konsumen hidup atau besarnya dana per bulan yang disetorkan kepada perusahaan asuransi. Ada banyak program atau jenis produk yang biasanya ditawarkan di asuransi jiwa. Ada tiga bentuk dasar asuransi jiwa, yakni asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, dan asuransi jiwa dwiguna.

Asuransi jiwa berjangka merupakan jenis asuransi yang paling murah dan sederhana. Polis ini diambil dalam jangka waktu tertentu misalkan jangka 10 tahun atau 20 tahun. Biasanya, nominal akan diambil sebelum seseorang meninggal. Dana dari asuransi ini biasanya digunakan untuk biaya pendidikan, membayar rumah sakit, dan semacamnya. Asuransi jiwa seumur hidup adalah jenis asuransi yang bersifat sepanjang hidup. Artinya, asuransi ini tidak hanya memberikan santunan kematian tetapi juga dana darurat bagi perseorangan semisal biaya rumah sakit atau semacamnya selama yang bersangkutan masih hidup atau sebelum dana kematian diambil. Asuransi jiwa dwiguna merupakan asuransi jiwa yang memberikan dana kematian jika yang bersangkutan meninggal, dan akan memberikan dana hidup hingga jangka waktu akhir jika yang bersangkutan masih hidup.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari asuransi jiwa. Yang pertama adalah meminimalisir kepanikan jika ada keadaan tidak terduga yang terjadi misalkan kecelakaan. Dengan asuransi jiwa, anda dan keluarga anda bisa meminimalisir dana yang harus digunakan untuk biaya rumah sakit. Anda juga bisa memberikan jaminan terhadap keluarga anda jika anda meninggal. Saat seseorang meninggal, terutama kepala keluarga, keluarga tentu akan mengalami goncangan batin dan finansial. Dengan adanya asuransi jiwa, keluarga akan mendapatkan dana kematian yang bisa digunakan untuk kehidupan mereka kedepannya hingga keadaan keluarga stabil. Itu tadi pemaparan tentang asuransi jiwa. Sudah tahu kan apa sebenanya pengertian asuransi jiwa itu?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.