Cara Klaim Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi mobil memang salah satu asuransi yang terpenting setelah asuransi jiwa dan tempat tinggal. Mobil yang mengalami kerugian akibat adanya bencana alam atau musibah lainnya memang tidak dapat langsung digantikan. Anda bisa terbilang cukup memiliki harta; namun, apa yang Anda miliki belum tentu dimaksudkan untuk biaya membetulkan mobil yang rusak. Bisa saja apa yang Anda kumpulkan memang untuk hal lain yang lebih penting. Maka mengasuransikan mobil sedari awal memang sudah menjadi pilihan yang tepat, misalnya memilih asuransi mobil yang terkenal seperti Sinar Mas. Jika Anda sudah memiliki asuransi mobil Sinar Mas, maka inilah cara claim asuransi mobil Sinarmas yang perlu Anda ketahui.

asuransi-mobil-sinarmas
Memiliki asuransi tidak seharusnya asal memilikinya saja tanpa mengetahui cara mengklaim asuransi tersebut ketika Anda membutuhkannya. Nah, sebelum terjadi sesuatu pada mobil Anda; akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk mengklaim asuransi mobil Anda di Sinar Mas. Ada empat langkah dalam mengklaim asuransi kendaraan Anda pada Sinar Mas, yang pertama adalah melaporkan ke cabang asuransi atau kantor pusat Sinar Mas dalam waktu sekitar 72 jam setelah kejadian atau kecelakaan yang dialami. Setelah itu Anda harus melengkapai surat atau dokumen yang dibutuhkan.

Anda harus mengisi formulir pengajuan klaim terlebih dahulu, kemudian Anda harus melampirkan fotocopy sertifikat dengan syarat harus asli jika perlindungannya adalah total lost. Kemudian lampirkan pula STNK dan juga SIM dari pengemudi. Surat laporan polisi juga harus dilampirkan jika berkaitan dengan pencurian atau niat jahat. Kemudian tembusan surat tuntutan yang ditujukan untuk pihak lain menyebabkan kerugian. Kemudian langkah yang ketiga adalah pihak asuransi akan melakukan survey dan menentukan klaim diterima atau ditolak berdasarkan syarat polis atau kondisi mobil Anda. Langkah terakhir adalah jika klaim Anda telah disetujui; maka mobil Anda akan diproses dan diperbaiki di bengkel rekanan pihak asuransi Sinar Mas.

Jika Anda ingin memperbaiki mobil Anda di bengkel yang Anda inginkan; akan ada syarat yang harus dipenuhi. Yang pertama adalah biaya perbaikan harus sesuai dengan yang ditentukan oleh Sinar Mas, dan apabila terdapat selisih, maka selisih tersebut harus ditanggung oleh Anda. Yang kedua, biaya perbaikan harus dibayarkan oleh Anda terlebih dahulu, setelah itu Anda menyerahkan kwitansi pembayarannya pada Sinar Mas untuk penggantian biaya. Selain itu Anda harus membayar sendiri resiko yang terjadi. Nah, itulah cara claim asuransi mobil Sinarmas. Tidak sulit, bukan? Anda tidak harus melewati banyak langkah yang rumit untuk dapat segera memperbaiki mobil Anda yang rusak; sehingga Anda dapat langsung menggunakan mobil Anda kembali tanpa menunggu terlalu lama.

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.