Mengenal Lebih Jauh Asuransi Jasa Raharja

Asuransi merupakan salah satu investasi jangka panjang yang sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Pembicaraan mengenai asuransi biasanya terkait perusahaan asuransi yang sebaiknya dipilih. Jika anda memiliki usaha yang berkaitan dengan angkutan umum seperti taxi, bus, dan semisalnya, atau anda merupakan penumpang tetap dari kendaraan umum, maka ada baiknya anda membaca artikel ini. Artikel ini akan membahas mengenai asuransi angkutan umum terbaik di Indonesia, yakni asuransi Jasa Raharja. Asuransi Jasa Raharja merupakan perusahaan yang dimiliki oleh negara Indonesia. Artinya, perusahaan ini dibawahi dan diatur langsung oleh orang-orang yang bekerja pada negara. Masih ingin tahu lebih lajut? Yuk, mari mengenal lebih jauh asuransi Jasa Raharja.

asuransi-jasa-raharja
Asuransi Jasa Raharja merupakan perusahaan perseroan (persero) yang dimiliki oleh negara. Asuransi Jasa Raharja bergerak di bidang sosial, khususnya menangani tentang masalah-masalah angkutan umum yang ada di Indonesia. Ada tiga dasar hukum yang melandasi berdirinya asuransi Jasa Raharja. Peraturan pertama adalah Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1965 yang mengatur tentang pendirian atau pembuatan asuransi Jasa Raharja. Dasar hukum yang kedua adalah surat keputusan dari Menteri Keuangan Nomor KEP-750/MK/IV/11/1970 pada tanggal 18 November 1970 mengenai asuransi Jasa Raharja sebagai usaha yang dimiliki oleh negara. Dasar hukum yang ketiga adalah Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 1980 yang menjelaskan mengenai pengalihan perusahaan asuransi Jasa raharja dari bentuk perusahaan umum menjadi perusahaan perseroan (Persero).

Asuransi Jasa Raharja memiliki visi untuk menjadi perusahaan asuransi yang mengutamakan berjalannya asuransi sosial serta asuransi wajib yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sementara itu, asuransi Jasa Raharja memiliki empat misi. Misi yang pertama adalah membaktikan perusahaan kepada perlindungan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya. Misi yang kedua adalah membaktikan perusahaan pada negara melalui asuransi sosial serta asuransi wajib. Misi yang ketiga adalah membaktikan diri pada perusahaan melalui kinerja yang baik untuk produktivitas yang baik pula. Dan misi yang terakhir adalah membaktikan perusahaan pada lingkungan dengan cara memperhatikan potensi lingkungan yang ada.

Ada dua program utama yang ada di asuransi Jasa Raharja. Dua program tersebut adalah asuransi kecelakaan penumpang alat angkutan umum dan asuransi tanggung jawab. Asuransi kecelakaan penumpang alat angkutan umum diberikan kepada penumpang angkutan umum yang mengalami kecelakaan akibat kesalahan penggunaan angkutan umum. Asuransi ini berlaku jika penumpang berada di dalam angkutan saat kecelakaan terjadi. Asuransi tanggung jawab merupakan santunan yang akan diberkan kepada korban kecelakaan angkutan umum. Besarnya nominal yang akan diberikan bergantung kepada keadaan korban kecelakaan. Itu tadi merupakan pengenalan singkat untuk mengenal lebih jauh asuransi Jasa Raharja. Harapan dari pengenalan ini tentu saja agar masyarakat bisa tahu tentang asuransi ini dan bisa ikut serta bergabung dengan asuransi Jasa Raharja.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.