Menjamurnya Daftar Perusahaan Asuransi Mobil di Indonesia

Apabila Anda jeli, maka Anda akan mampu menyadari bahwa saat ini daftar perusahaan asuransi mobil di Indonesia sudah semakin menjamur dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Daftar perusahaan asuransi, khususnya penyedia layanan asuransi mobil ini, dapat dikatakan secara gamblang bahwa jumlahnya telah beberapa kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang masih mampu dihitung menggunakan sebelah jari. Meskipun belum terdapat data valid yang mampu menentukan jumlah perusahaan asuransi ini, garis pada kurva yang terbentuk dari tahun ke tahun semakin meningkat, dan secara nyata membentuk garis peningkatan, yang berkembang secara pesat dalam kurun sepuluh terakhir. Hmm, pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai penyebab peningkatan jumlah perusahaan asuransi ini?

asuransi-mobil-terbaik
Berdasarakan data hasil survey yang dilakukan oleh BPS atau Badan Pusat Statistik, masih terdapat sekitar 17 juta orang Indonesia yang mempunyai kendaraan bermotor, khususnya roda empat yang belum mempunyai asuransi mobil untuk kendaraan mereka. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya kesadaran para pemilik mobil ini akan keselamatan dan tanggung jawab terhadap keamanan mobil mereka. Mereka justru baru menyadari pentingnya mempunyai asuransi mobil setelah mereka mengalami kecelakaan dan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengganti biaya perbaikan maupun kerugian akibat kecelakaan yang terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu, bertambahnya jumlah daftar perusahaan asuransi mobil di Indonesia diharapkan mampu menjadi salah satu titik tolakan yang penting terhadap kesadaran penduduk Indonesia untuk segera mendaftarkan mobil mereka pada perusahaan asuransi.

Sebetulnya tidak sulit meningkatkan kesadaran akan pentingnya mempunyai asuransi mobil kepada para pemilik kendaraan bermotor, khususnya kendaraan bermotor roda empat. Anda hanya perlu menyebutkan beberapa keunggulan maupun keuntungan karena melakukan pendaftaran di asuransi mobil, serta tidak lupa menyebutkan jaminan yang akan didapat selama menjadi anggota di perusahaan asuransi tersebut. Salah satu hal yang paling menonjol bagi para pemilik asuransi kendaraan bermotor adalah mereka akan mempunyai perasaan yang lebih tenang maupun nyaman ketika melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan kendaraan mereka telah mempunyai asuransi, sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan maupun musibah, mereka akan memperoleh timbal balik klaim berupa biaya pengganti kerugian dari perusahaan asuransi tersebut.

Setiap perusahaan asuransi yang, mungkin, masuk ke dalam daftar perusahaan asuransi mobil di Indonesia, mempunyai standar dan prosedur tersendiri dalam melakukan penggantian biaya klaim yang diajukan. Misalnya saja berupa dokumen pelengkap yang harus dilampirkan (biasanya berupa STNK kendaraan bermotor, SIM pengendara, surat blokirĀ  yang hanya berlaku pada kendaraan hilang saja, surat keterangan keluraga, maupun persyaratan kerusakan yang tercantum dalam polis. Anda pun harus lebih kritis dalam membedakan jaminan asuransi yang diberikan satu perusahaan asuransi dan lainnya agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan Anda dalam berasuransi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.