Panduan Cara Klaim Asuransi Prudential dan Ketentuannya, Lengkap!

Panduan Cara Klaim Asuransi Prudential dan Ketentuannya, Lengkap!

Tips Asuransi – Prudential termasuk sebagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia yang memiliki cukup banyak nasabah. Salah satu alasan kenapa masyarakat banyak memilih produk asuransi Prudential adalah karena mendapatkan klaimnya yang dinilai cukup mudah. Bagi anda yang baru bergabung, berikut cara klaim asuransi Prudential yang perlu dipahami.

Cara Klaim Rumah Sakit

Prudential menjamin kelancaran proses klaim yang mana prosedur-nya mengikuti ketentuan yang tercantum di dalam polis. Untuk klaim rumah sakit sendiri, terdapat beberapa jalan yang dapat dipilih oleh nasabah. Mulai dari klaim rawat inap metode penggantian atau reimbursement, klaim rawat inap metode penjaminan atau cashless, dan metode penjaminan.

1. Cara Klaim Asuransi Rawat Inap Metode Reimbursement

Untuk mengajukan klaim rawat inap, lengkapi dokumen terlebih dahulu. Dokumen yang diperlukan adalah :

  • formulir klaim rawat inap (unduh dari situs Prudential)
  • kartu identitas pemegang polis
  • tertanggung (usia di atas 17 tahun)
  • surat keterangan dokter atau resume medis
  • bukti bayar asli
  • dan rincian biaya perawatan

Khusus untuk produk seperti :

Read More
  • PRUPrime Healthcare Plus
  • PRUPrime Healthcare Syariah
  • PRUSolusi Sehat
  • PRUSolusi Sehat Syariah
  • PRUCritical Hospital Cover

harus melampirkan harga kamar rawat inap atau surat keterangan yang menyebutkan bahwa kamar terisi penuh sesuai plan.

Dalam melakukan cara klaim asuransi Prudential untuk rumah sakit dengan metode reimbursement ini, mungkin ada saja hal yang menyebabkan prosesnya menjadi lebih panjang. Seperti dokumen yang dilampirkan tidak lengkap, membutuhkan penelusuran lebih lanjut untuk beberapa kasus, sampai diperlukannya dokumen tambahan lain.

2. Klaim Asuransi Rawat Inap Metode Cashless

Selain klaim rawat inap menggunakan metode penggantian, dimana biaya rumah sakit yang anda keluarkan akan diganti oleh perusahaan asuransi. Sebagai nasabah, anda juga dapat mengajukan klaim rawat inap metode non tunai atau penjaminan (cashless). Dalam hal ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam bentuk tunai jadi cukup menggunakan polis asuransi.

Namun terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu supaya proses penjaminan berjalan lancar. Salah satunya dengan memilih rumah sakit rekanan sesuai dengan yang tercantum pada kartu peserta asuransi, dan pastikan anda membawa kartu peserta tersebut beserta kartu identitas saat pengajuan klaim di rumah sakit.

Cara klaim asuransi Prudential ini harus memilih kamar sesuai dengan plan yang telah anda pilih di awal. Jadi apabila anda memilih untuk menempati kamar yang harga lebih tinggi dari plan, maka selisih biaya yang ada akan ditanggung sendiri oleh nasabah. Selain itu, ketentuan lebih lanjut dapat dilihat pada masing masing produk asuransi yang dipilih.

3. Cara Klaim Asuransi Rawat Inap di Luar Negeri

Selain dapat digunakan di dalam negeri, manfaat asuransi Prudential juga bisa digunakan ketika anda berada di luar negeri yang merupakan negara cakupannya. Metode klaim rumah sakit yang digunakan yaitu metode non tunai atau penjaminan melalui PRUMedical Network, yang hanya berlaku untuk beberapa produk asuransi saja.

Seperti PRUSolusi Sehat (Syariah), PRUPrime Healthcare Plus (Syariah) baik plan Diamond, Platinum, Gold, Silver, maupun Bronze, dan PRUPrime Healthcare (Syariah). Dan sebelum perawatan berlangsung, anda perlu melakukan pra-pendaftaran terlebih dahulu sebagai cara klaim asuransi Prudential. Yang mana pra-pendaftaran dilakukan ke PRUMedical Network paling lambat 4 hari sebelum.

Itulah cara klaim rawat inap di rumah sakit untuk asuransi Prudential. Cara klaim ini bisa berbeda beda tergantung jenis klaim yang anda ajukan, misalnya untuk klaim penyakit kritis dan klaim meninggal yang caranya akan berbeda. Karena birokrasinya tidak selalu mudah, pastikan anda tidak hanya mengandalkan asuransi semata. Namun persiapkan diri dengan tabungan dan juga investasi lainnya.

Related posts