Perbedaan Asuransi Prudential dan Allianz, Sebaiknya Pilih yang Mana ?

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa seseorang akan melakukan perbandingan terlebih dahulu ketika ingin membeli asuransi. Dimana hal tersebut sering terjadi pada Prudential dan Allianz, yang merupakan dua perusahaan asuransi raksasa dengan banyak nasabah. Supaya tidak bingung, simak perbedaan asuransi Prudential dan Allianz berikut sebagai bahan pertimbangan anda.

Mengulik Perbedaan Asuransi dari Prudential dan Allianz

1. Ragam Produk dan Fleksibilitas

Bila ditinjau dari ragam produk asuransinya, Prudential tentu bisa dibilang lebih unggul bila dibandingkan dengan Allianz. Pasalnya Prudential memang mempunyai banyak sekali variasi produk asuransi yang dapat dipilih oleh nasabah. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi unit link, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan.

Read More

Masing masing masih dibagi kembali menjadi beberapa produk yang tersedia dengan plan dan premi berbeda beda. Lalu produk asuransi yang ditawarkan oleh Prudential ini pun sangat fleksibel. Karena anda dapat memilih rider term life untuk usia 55, 60, 56, atau pun 70 tahun. Sementara Allianz di sisi lain fixed untuk usia 70 tahun saja.

2. Premi

Perbedaan asuransi Prudential dan Allianz juga bisa dilihat dari segi preminya. Tentu ini sangat penting, sebab besar premi akan menentukan biaya yang anda keluarkan nantinya. Dimana Allianz relatif lebih murah bila berbicara mengenai premi. Untuk urusan biaya akuisisinya pun Allianz dipatok lebih kecil dari Prudential, meski jaraknya tidak begitu jauh.

3. Manfaat

Setiap produk asuransi bisa menawarkan manfaat yang berbeda. Sehingga satu produk asuransi Prudential mungkin bisa lebih unggul dari produk asuransi Allianz. Dan sebaliknya, salah satu produk asuransi Allianz lainnya justru lebih unggul dari Prudential. Jadi ketika berbicara mengenai manfaat, sebenarnya baik Allianz maupun Prudential nyaris seimbang.

Contohnya untuk asuransi kesehatan Prudential dengan klausul renewal guarantee yang tidak dimiliki oleh Allianz. Namun di sisi lain Allianz unggul untuk asuransi penyakit kritis yang mampu mengcover sampai usia 100 tahun. Sedangkan untuk urusan asuransi jiwa, kurang lebih kedua perusahaan asuransi raksasa tersebut menawarkan yang tidak jauh berbeda.

4. Kemudahan Klaim

Perbandingan Produk Prudential vs Allianz 2020 - Asuransi Now

Berbicara mengenai kemudahan klaimnya, perbedaan asuransi Prudential dan Allianz tidak terlihat secara signifikan. Pasalnya baik Prudential maupun Allianz merupakan perusahaan kelas dunia, yang itu berarti mereka sangat peduli akan kemudahan klaim bagi nasabah. Dan pada praktiknya, tidak ditemukan kendala yang berarti asalkan dokumen persyaratannya sudah lengkap.

5. Limit Asuransi

Untuk limit asuransinya, kedua perusahaan tersebut mempunyai struktur yang begitu mirip. Karena total limit maksimal yang keluar dalam satu tahun berjumlah sama, yakni sebesar 65 miliar. Hanya saja untuk Allianz limit tahunannya adalah 20 miliar dan booster 45 miliar, sedangkan Prudential limit tahunannya sebesar 15 miliar dan booster 50 miliar.

6. Pendekatan

Baik Prudential maupun Allianz mempunyai jumlah agen asuransi yang cukup banyak. Pendekatan yang digunakan agen tersebut bisa menjadi salah satu poin perbedaan asuransi Prudential dan Allianz. Karena menurut beberapa nasabah yang menjumpai agen, terdapat kecenderungan yang membedakan antara agen asuransi Allianz dan Prudential.

Dimana agen Prudential lebih banyak ditemukan fokus pada investasi ketimbang proteksi. Sebaliknya, agen Allianz kebanyakan lebih fokus pada proteksi daripada investasi. Kecenderungan tersebut tidak hanya terlihat pada satu atau dua agen saja. Melainkan ditemukan pada hampir sebagian besar agennya. Dan tidak ada salah satu yang salah, hanya soal perspektif saja.

Itulah beberapa perbedaan antara asuransi Prudential dan Allianz. Ulasan ini tidak digunakan untuk menjelek jelekkan salah satu pihak, karena setiap asuransi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sehingga anda bisa memilih sesuai selera yang dirasa lebih cocok. Yang penting jangan lupa mengimbanginya dengan kegiatan investasi lainnya untuk berjaga jaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.