Prosedur dan Cara Mengurus Klaim Asuransi Mobil Hilang

Salah satu keuntungan apabila Anda mendaftarkan kendaraan bermotor kesayangan Anda pada perusahaan penyedia asuransi mobil kepercayaan Anda adalah Anda dapat meminimalisir kerugian yang mungkin ditimbulkan apabila suatu saat kendaraan Anda mengalami kerusakan, kecelakaan, atau bahkan hilang akibat pencurian. Meskipun begitu, memilih perusahaan penyedia layanan asuransi mobil tidak semudah membalik telapak tangan karena masing-masing perusahaan asuransi mempunyai tolak ukur yang berbeda kepada pelanggannya. Secara umum, dapat terlihat perbedaan pada pemberian jaminan pada kerusakan kendaraan bermotor akibat kecelakaan ataupun kerusakan, cara mengurus klaim asuransi mobil hilang, persentasi biaya pertanggungjawaban yang diperoleh, dan beberapa hal umum lainnya yang perlu Anda ketahui secara lengkap untuk memaksimalkan peran perusahaan asuransi bagi kemudahan dan keamanan kendaraan Anda.

maling-mobil
Apabila Anda telah mengkaji informasi mengenai prosedur dan tata cara mengurus klaim asuransi mobil hilang antara perusahaan asuransi mobil yang satu dengan yang lainnya, maka Anda dapat menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan prosedur pengajuan klaim yang terlalu mencolok antara satu sama lain. Meskipun memang, beberapa perusahaan membedakan prosedur pengajuan klaim karena menyesuaikan dengan standar operasional perusahaan, tetapi Anda akan tetap dapat menemukan titik temu yang tidak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami prosedur-prosedur pengajuan klaim bagi kendaraan bermotor dan kesepakatan antara Anda dengan pihak penyedia layanan asuransi. Anda tentu tidak ingin merasa tidak puas akibat pelayanan yang tidak sesuai dengan keinginan dan ekspektasi Anda tetapi sebenarnya merupakan hal yang sesuai dengan prosedur dalam nota kesepemahaman, bukan?

Pada pengajuan klaim asuransi mobil yang hilang, maka prosedur pertama yang Anda lakukan adalah melaporkan kronologis kejadian kepada bagian klaim maskapai asuransi, baik secara lisan maupun tertulis, dan dilakukan dalam waktu maksimal 72 jam atau 3×24 jam setelah kendaraan dinyatakan hilang. Anda pun perlu memastikan untuk melengkapi persyaratan dan persuratan yang dibutuhkan pada pengajuan klaim. Salah satu yang paling penting adalah surat keterangan hilang dari polisi. Hal ini bertujuan agar proses pengajuan klaim berjalan dalam waktu yang lebih singkat.

Selain itu, pada salah satu cara mengurus klaim asuransi mobil hilang, Anda pun diwajibkan melengkapi persyaratan berupa persuratan dan dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan. Dokumen pendukung ini meliputi fotocopy STNK kendaraan, fotocopy SIM pengemudi, fotocopy KTP pengaju klaim asuransi, surat blokir dari kepolisian yang menyatakan bahwa mobil benar-benar hilang tanpa adanya penggelapan maupun kesengajaan, dokumen keluarga berupa buku KK, dan juga kelengkapan pengisian pada formulir klaim kendaraan bermotor yang disediakan oleh perusahaan asuransi itu sendiri. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi akan meminta kunci kendaraan Anda yang hilang, baik itu kuncu yang asli maupun kunci duplikat sebagai syarat pelengkap.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.