Syarat dan Cara Mengajukan Klaim Asuransi Meninggal Dunia Prudential

Syarat dan Cara Mengajukan Klaim Asuransi Meninggal Dunia Prudential

Dewasa ini, banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya asuransi sebagai bentuk perlindungan finansial apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Dalam hal ini, diketahui asuransi jiwa Prudential banyak dijadikan pilihan. Bagi anda yang baru akan bergabung atau membeli produknya, berikut simak syarat dan cara mengajukan klaim asuransi meninggal dunia Prudential terlebih dahulu.

Mengenal Lebih Dekat Asuransi Jiwa Prudential

Apabila anda baru akan bergabung menjadi peserta polis asuransi jiwa Prudential, akan lebih baik jika sebelumnya mengenal lebih jauh terkait produk tersebut. Yang mana Prudential sendiri merupakan bagian dari grup Prudential plc di Inggris. Berdiri sejak tahun 1995, Prudential sudah berhasil melayani lebih dari 2,5 juta nasabah.

Read More

Sebenarnya tidak hanya asuransi jiwa, Prudential juga menawarkan berbagai perlindungan asuransi kesehatan. Namun salah satu produknya yang paling terkenal di antaranya yaitu PRULife Cover yang merupakan layanan asuransi jiwa. Produk asuransi tersebut memberikan manfaat apabila tertanggung meninggal dunia atau menderita cacat sebelum akhir masa perlindungan.

Klaim asuransi meninggal dunia Prudential ini memberikan pilihan masa pertanggungan dan pilihan masa pembayaran premi. Mulai dari usia 70 tahun sampai dengan 99 tahun dan premi mulai dari 5 sampai dengan 20 tahun. Adapun jumlah minimal uang pertanggungannya adalah Rp. 20 juta.

Syarat Mengajukan Klaim Meninggal Dunia

Apabila tertanggung polis meninggal dunia selama masa perlindungan produk asuransi belum berakhir, maka ahli waris dapat menerima manfaat berupa uang pertanggungan yang ditambah dengan nilai investasi setelah dikurangi biaya terhutang. Saat melakukan pengajuan klaim meninggal dunia ini, ada beberapa syarat yang harus disiapkan atau dipenuhi terlebih dahulu.

Persyaratan pengajuan klaim meninggal antara lain polis asli, formulir pengajuan klaim meninggal dunia, formulir SKD (Surat Keterangan Dokter) untuk klaim, akta kematian, surat keterangan bukti pemakaman, surat keterangan kematian dari polisi (jika kecelakaan), KTP, dan kartu keluarga.

Itulah beberapa dokumen yang diperlukan klaim asuransi meninggal dunia Prudential. Syarat tersebut berlaku secara umum, namun tidak menutup kemungkinan apabila produk asuransi jiwa tertentu menerapkan ketentuan yang berbeda apabila ada kebutuhan dokumen lainnya yang dianggap perlu. Misalnya surat kematian dari kedutaan besar apabila tertanggung meninggal di luar negeri.

Cara Pengajuan Klaim Manfaat Asuransi Jiwa

Belajar dari Curhatan Wanda Hamidah di IG, Nasabah Asuransi Perlu Pahami  'Pre-Existing Condition' - Tribunnews.com Mobile

Apabila syarat syaratnya sudah terpenuhi, cara mengajukan klaim manfaat asuransi jiwa untuk tertanggung yang meninggal dunia, sebenarnya tidak sulit. Secara garis besar, langkah pertama adalah anda mendapatkan dan mengisi formulir klaim terlebih dahulu. Baru kemudian melengkapi berbagai dokumen persyaratan untuk mendapatkan manfaat.

Selanjutnya pengajuan bisa langsung diproses apabila berkas sudah lengkap. Akan tetapi, ada juga klaim ditolak pada beberapa kasus, sehingga ahli waris perlu melakukan pengajuan ulang untuk mendapatkan uang pertanggungan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan klaim ditolak atau tidak dibayarkan.

Beberapa di antaranya yaitu pemberian informasi yang kurang lengkap, pernyataan yang tidak jujur dari ahli waris, tertanggung meninggal karena tindakan bunuh diri, meninggal karena tindak kejahatan, meninggal karena pelanggaran hukum, atau hukuman mati berdasarkan putusan peradilan.

Jika demikian, maka klaim asuransi meninggal dunia Prudential pun tidak dapat dilakukan. Sedangkan untuk saat yang tepat mengajukan klaim sendiri yaitu segera setelah pemegang polis meninggal. Paling lambat yaitu setelah 90 hari sejak tanggal meninggalnya, apabila lebih dari itu maka perlu membuat surat kronologi terkait alasan keterlambatan pengajuan klaim.

Demikian pembahasan mengenai syarat dan cara mengajukan klaim asuransi jiwa Prudential ketika tertanggung meninggal dunia. Meskipun uang pertanggungan yang diterima mungkin dapat menutupi berbagai kebutuhan untuk sementara waktu. Namun tentunya tidak bisa bertahan selamanya, sehingga ada baiknya mulai sekarang diimbangi dengan investasi lainnya atau menabung sedikit demi sedikit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.